0821 - 4308 - 1367
Share

Desain Arsitektur Vernakular

Desain Arsitektur Vernakular

Desain Arsitektur vernakular adalah gaya arsitektur yang dibentuk dengan proses yang sangat lama dan berkali – kali sesuai dengan perilaku, adat, dan kebudayaan dengan arti bernakular yang artinya lokal atau pribumi. Gaya dengan perkembangan jaman, desain tradisional ini juga mengalami perkembangan dibagian ekstorior maupuun interior. Di masa sekarang atau modern sangat perbengaruh terhadap kebudaaan di Indonesia. bentk rumah tradisional yang ada di Indonesia terbagi dua macam yaitu, rumah tradisional yang di tanam ke dalam tanah dan jika di daerah timur biasanya memiliki lantai yang berbentuk lingkaran dan beratap tinggi seperti sarang tawon.

Berikut contoh desain vernakular yang ada di Indonesia menrut sinanarsitek.com

1. Arsitektur Rumah Batak
2. Arsitektur Rumah Aceh
3. Arsitektur Rumah Bali
4. Arsitektur vernakular Rumah Sasak

1. Arsitektur Rumah Batak

Tradisi di suku batak ada di komunal atau bale, lumbung pado, dan bangunan yang berfungsi untuk menggiling beras dan menyimpan jenazah atau JORO. Rumah Batak memiliki kayu atau penyangga agar rumahnya terlihat melayang dan memiliki desain atap yang lancip serta atap yang mirirngnya hampir 30°. Desain rumah batak ini memiliki material dominannya adalah kayu dan atapnya yang terbuat dari daun – daun ijuk atau daun rumbia, yang memiliki bahan alami yang ada di dalam hutan.

2. Arsitektur Rumah Aceh

Tradisi dari suku Aceh adalah contoh dari campuran dari bangunan Austronesia dengan tradisi masyarakat suku melayu. Desain ekstorior desain dari Austonesia yang memiliki ciri – ciri tegak seperti tiang kayu, dengan kayu sebagai penyangga rumah agar tinggi dan lantai tersebut digunakan sebagai ruang keluarga. Desain rumah Aceh ini memiliki desain atap yang meruncing tinggi dan memiliki kemiringan hampir 45°.

3. Desain Arsitektur vernakular Rumah Bali

Desain rumah tradisional Bali terbagi dua yaitu, type rumah yang memiliki fitur lama dan fitur baru. Aristektur adat Bali juga memiliki khas yaitu tata ruang yang dapat dipakai untuk anak cucunya dari dulu samapai sekarang masih digunakan sampai sekarang. Desain arsitekturnya mencerminkan tradisi yang dipengaruhi oleh Hindu Bali dengan campuran Jawa Kuno.

4. Desain Arsitektur Vernakular Rumah Sasak

Tradisi dari suku Sasak yang berada di Pulau Lombok ini biasanya dibuat untuk rumah tradisional dari suku sasak dan digunakan untuk lumbung padi. Suku sasak meyakini bahwa untuk membangun rumah di bulan ketiga(maret) atau bulan ke duabelas(Desember) yaitu bulan Rabiul Awal dan bulan Zulhijjah pada kalender islam. Sedangkan bulan yang dihindari adalah bulan muharram dan bulan Ramadhan, di ke dua bulan ini mereka tidak boleh membangun karena dapat mengundang malapetaka seperti kebakaran, penyakit dan sebagainya.

Kesimpulan :
Berikut adalah contoh Arsitektur vernakular yang ada di Indonesia, meski terancam punah karena modernisasi tetapi tradisi Arsitektur ini masih digunakan untuk desain Villa maupun hotel meskipun desain interiornya tidak sama.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.